Selasa, 25 Desember 2012

Mengenal Bintang Altair


Pecinta Astronomi Indonesia - Altair (Alpha Aquilae/Alpha Aql/α Aquilae/α Aql) adalah bintang tercerah di rasi Aquila, bintang tercerah keduabelas di langit malam. Bintang ini berada pada kategori tipe A dengan magnitudo 0.76. Altair berputar sangat cepat dengan kecepatan 286 km/detik.

Ciri-ciri

Altair berada pada jarak 17 tahun cahaya dari Bumi dan merupakan salah satu bintang terdekat yang dapat disaksikan oleh mata telanjang. Bersama Beta Aquilae dan Gamma Aquilae, membentuk suatu garis yang disebut sebagai Keluarga Aquila (the Family of Aquila) atau Tangkai Aquila. Massa bintang ini kira-kira 1.8 kali Matahari dan lebih cerah 11 kali dari Matahari.

Etimologi

Nama Altair telah digunakan sejak dulu. Nama ini berasal dari bahasa Arab النسر الطائر, an-nasr aţ-ţā’ir yang berarti "elang yang terbang". Nama ini juga merupakan nama rasi bintang menurut bangsa Arab, terdiri dari α, β, dan γ Aquilae dan berkemungkinan merujuk pula pada kebudayaan Babilonia dan Sumerian, di mana bintang ini disebut pula sebagai Eagle Star.

1 komentar:

Tahukah Anda?
""