Kamis, 27 Desember 2012

5 FAKTA MENARIK TENTANG PLANET SATURNUS

Pecinta Astronomi Indonesia - Planet Saturnus terkenal dengan sistem cincin yang luar biasa indah yang mudah terlihat bahkan di teleskop kecil. Namun, di luar cincin yang indah, sebagian orang belum mengetahui beberapa hal menarik tentang planet ini.

Berikut adalah beberapa fakta yang paling menarik tentang planet saturnus:

1. Saturnus Bukan Satu-satunya Planet Dengan Cincin

Sebagian besar orang menganggap bahwa planet yang bercincin hanya planet saturnus, namun beberapa planet juga mempunyi cincin, sperti Jupiter, Uranus dan Neptunus yang memilikisistem cincin kecil, namun cincin mereka tidak terlihat dari bumi bahkan dengan teleskop terbesar.

2. Pioneer 11 Adalah Satelit Pertama Yang Mengunjungi Saturnus

Pioneer 11 diluncurkan pada tahun 1973, terbang mencapai Saturnus pada tahun 1979, menjadikan pioner 11 sebagai satelit pertama yang mengambil foto cincin planet saturnus. Pioneer 11 masih berfungsi dengan baik sampai saat ini tetapi sinyal menjadi sangat lemah karena fungsi sistem pengisiannya telah berkurang.

3. Saturnus Adalah Planet Paling Berangin

Angin di planet ini bisa mencapai 1.100 mph, beberapa ratus mil per jam lebih cepat dari pada angin di planet Jupiter. Bandingkan dengan tornado terkuat di bumi yang hanya berkecepatan 300 mph.

4. Saturnus Mempunyai Bulan yang Mempunyai Atmosfer

Bulan terbesar di sekitar Saturnus adalah Titan, dan itu adalah satu-satunya bulan di tata surya yang memiliki atmosfer yang signifikan. Pada tahun 2010, ada 53 satelit alami yang mengorbit planet bercincin ini. Hanya beberapa dari mereka yang terlihat dalam teleskop di bumi. Sembilan dari mereka ditemukan hanya dalam beberapa tahun terakhir tapi belum bernama.

5. Tekanan Atmosfer di Saturnus 100 kali lebih kuat dari bumi

Tekanan atmosfer Saturnus 100 kali lebih kuat daripada bumi kita. Tekanan ini begitu kuat sehingga gas apapun dapat dihancurkan dan menjadi cair. Tekanan ini juga dapat menghancurkan pesawat ruang angkasa yang mendekat. Hal ini menunjukkan bahwa tidak mungkin ada kehidupan di sana.

Itulah 5 fakta menarik mengenai Planet Saturnus. Semoga bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar

Tahukah Anda?
""