Minggu, 30 Desember 2012

13 FENOMENA ASTRONOMI DI TAHUN 2013 YANG WAJIB DILIHAT

Pecinta Astronomi Indonesia - Secara umum, 2013 akan ada aksi-aksi fenomena astronomi selama 12 bulan untuk para pengamat langit. Mudah-mudahan, cuaca di daerah Anda akan mendukung semua fenomena di 2013 nanti. Daftar di bawah ini mencakup beberapa peristiwa malam paling menjanjikan di langit tahun 2013!

21 Januari: Konjungsi Jupiter oleh Bulan

Orang dapat dengan mudah terlihat bahkan dari kota-kota yang terang. Bulan bungkuk, 78-persen diterangi, akan melewati dalam waktu kurang dari satu derajat ke selatan dari Jupiter, planet terbesar dalam tata surya kita. (Untuk referensi, kepalan tangan Anda yang tertutup mengulurkan di lengan panjang mencakup 10 derajat dari langit.)

Kedua benda langit yang terang ini akan membuat pendekatan terdekat mereka di langit malam untuk dilihat dengan mata telanjang. Apa yang lebih menarik adalah bahwa ini akan menjadi hubungan terdekat Bulan dan Jupiter sampai tahun 2026!

02-23 Februari: Saat Terbaik Mengamati Merkurius di Sore Hari

Merkurius, planet terdalam di tata surya, akan melakukan perjalanan cukup jauh dari silau matahari dan tentu akan mudah terlihat di langit barat, segera setelah matahari terbenam. Pada malam 8 Februari Merkurius akan skim dalam waktu kurang dari 0,4 derajat dari planet yang jauh lebih redup, Mars.

Merkurius akan tiba di perpanjangan yang terbesar dari matahari pada 16 Februari. Ini akan cukup cerah (magnitudo -1.2 sampai -0.6) sebelum tanggal ini dan akan memudar dengan cepat ke magnitudo +1.2 besarnya sesudahnya. (Astronom mengukur kecerahan objek langit menggunakan besarnya, skala terbalik di mana angka yang lebih rendah sesuai dengan objek terang. Besaran negatif menunjukkan kecerahan yang luar biasa.)

10-24 Maret: Komet PANSTARRS Melintas!

Komet PANSTARRS, ditemukan pada bulan Juni 2011 dengan menggunakan Pan-STARRS 1 Telescope di Haleakala, Hawaii, diharapkan untuk menempatkan di acara yang terbaik selama periode dua minggu. Selama waktu ini, komet juga akan dekat pendekatan yang paling dekat dengan matahari (28 juta mil, atau 45 juta kilometer) dan Bumi (102 juta mil, atau 164 juta km).

Sementara komet PANSTARRS adalah objek yang sangat redup dan jauh pada saat penemuannya, telah cerah terus sejak itu. Ini masih muncul pada target untuk mencapai besarnya setidaknya pertama dan terlihat di langit barat laut selama dua minggutak lama setelah matahari terbenam. Pada malam tanggal 12 Maret komet akan terletak 4 derajat ke kanan dari sebuah bulan sabit sangat tipis.

25 April: Gerhana Bulan Parsial

Ini akan menjadi parsial sangat kecil pada gerhana bulan. Pada pertengahan gerhana, kurang dari 2 persen dari diameter Bulan akan berada di dalam bayangan gelap. Belahan Timur Eropa, Afrika, Australia dan sebagian besar Asia akan memiliki pandangan yang terbaik.

9 Mei: Gerhana Matahari Cincin

Selama gerhana matahari cincin berlangsung, panjang bayangan kerucut umbral bulan terlalu singkat untuk mencapai Bumi. Dalam ukuran sudut, piringan Bulan muncul sekitar 4,5 persen lebih kecil dari piringan matahari.

Jalur bayangan dari mana cincin itu dapat dilihat berjalan untuk ribuan mil, tetapi akan mendapatkan tidak lebih luas dari 107 mil (172 km) pada titik gerhana terbesar. Sebagian besar akan terlihat di atas Samudra Pasifik, tetapi pada atau segera setelah matahari terbit, itu akan terjadi di bagian utara Australia (di mana itu akan menjadi pagi hari 10 Mei) dan ujung timur ekstrim dari Papua Nugini, bersama dengan beberapa Kepulauan Solomon dekatnya.

Pada titik gerhana terbesar, fase cincin 6 menit akan berlangsung, 4 detik. Hawaii akan melihat gerhana parsial ketika, pada 03:48 waktu Hawaii pm, bulan akan mengaburkan sekitar 32 persen dari piringan matahari.

24-30 Mei: Planet-planet Menari

Merkurius, Venus dan Jupiter akan memberikan pertunjukan menarik yang rendah di barat-barat laut senja langit segera setelah matahari terbenam. Mereka akan tampak shuffle satu sama lain, mengubah posisi mereka terasa dari satu malam untuk berikutnya. Kedua planet terang, Venus dan Jupiter, akan dipisahkan oleh lebih dari 1 derajat pada 28 Mei, dengan Venus melewati ke barat laut (kanan atas) Jupiter dan bersinar lebih dari enam kali lebih terang dari Jupiter.

23 Juni: Bulan Purnama Terbesar Tahun 2013

Pada tanggal 23 Juni, bulan ternyata purnama pada 7:32 EDT (1132 GMT), dan hanya 32 menit sebelumnya itu akan tiba pada titik terdekat dengan Bumi pada tahun 2013 pada jarak 221.824 mil (356.991 km), membuatnya menjadi disebut supermoon. Akibatnya berbagai macam pasang surut di laut (sangat rendah untuk sangat tinggi) selama beberapa hari berikutnya.

12 Agustus: Hujan Meteor Perseid

Hujan meteor tahunan Perseid dianggap di antara yang terbaik berkat menampilkan tahunan tingkat tinggi hingga 90-meteor per jam. Hujan meteor ini dicintai oleh orang-orang yang berkemah musim panas dan sering ditemukan oleh penduduk kota yang mungkin menghabiskan waktu di bawah gelap malam dengan langit berbintang.

18 Oktober: Gerhana Bulan Penumbra

Bulan meluncur melalui bagian utara dari bayangan penumbra Bumi selama gerhana bulan.

Pada pertengahan gerhana, 76 persen dari diameter Bulan akan tenggelam dalam penumbra, mungkin cukup dalam untuk menyebabkan gelap samar pada permukaannya, namun dilihat dari ekstremitas bulan lebih rendah. Wilayah yang dapat mengamati meliputi sebagian besar Asia, Eropa dan Afrika.

3 November: Gerhana Matahari Sebagian

Sejujurnya, sebagian besar di sepanjang trek, gerhana muncul sebagai total, dengan annulus sangat tipis (atau cincin) dari sinar matahari terlihat dekat awal dari trek. Jalur dari garis tengah gerhana ini dimulai di Atlantik sekitar 545 mil (875 km) barat daya dari Bermuda. Jadi, di sepanjang Amerika Utara Atlantic Coast, pemirsa yang tertarik (menggunakan perangkat tampilan yang tepat, seperti proyeksi lubang jarum) hanya akan melihat piringan gelap bulan keluar wajah matahari saat matahari terbit.

Jalur gerhana akan melewati selatan Kepulauan Tanjung Verde, maka kurva arah tenggara sejajar dengan garis pantai Afrika. Gerhana terbesar, dengan 100 detik dari totalitas dan lebar jalan mencapai maksimal hanya 36 mil (58 km), terjadi sekitar 250 mil (402 km) di lepas pantai Liberia. Jalur bayangan kemudian akan menyapu Afrika tengah, melewati bagian dari Gabon, Kongo, Republik Demokratik Kongo, Uganda dan Kenya, sebelum berakhir saat matahari terbenam di perbatasan Ethiopia-Somalia.

Pertengahan November sampai Desember: Komet Ison

Pada 21 September 2012, dua astronom amatir (Vitali Nevski dari Belarusia, Artyom Novichonok dari Rusia) menggunakan teleskop yang dimiliki oleh Jaringan Optik Internasional Ilmiah untuk menemukan sebuah komet baru yang dibaptis menggunakan akronim dari instrumen yang digunakan untuk menemukannya: Komet Ison.

Orbital perhitungan menunjukkan bahwa komet Ison akan berjarak paling dekat dengan matahari, kurang dari 750.000 mil (1,2 juta km) di atas permukaan matahari, membuatnya menjadi "sungrazer," pada 28 November.

Komet akhirnya bisa cukup terang akan terlihat di siang bolong sekitar waktu pendekatan terdekat dengan matahari. Ini kemudian akan melakukan perjalanan menuju Bumi, melewati dalam waktu 40 juta mil (64 juta km) dari planet kita sebulan kemudian.

Sejak komet Ison akan menjadi sangat baik ditempatkan untuk melihat di langit pagi dan malam dari belahan bumi utara selama beberapa minggu berikutnya, itu bisa menjadi salah satu komet yang paling banyak ditonton sepanjang masa.

Sepanjang Bulan Desember: Venus akan Terlihat Mempesona

Venus, yang paling terang dari semua planet, menghiasi langit malam barat daya sebanyak tiga jam setelah matahari terbenam pada awal bulan, dan 1,5 jam setelah matahari terbenam sampai Malam Tahun Baru. Yang indah, bulan sabit melewati di atas dan ke kanan Venus, dan malam berikutnya Venus akan mencapai puncak kecemerlangan nya, Venus tidak akan seterang ini lagi sampai 2021.

13-14 Desember: Hujan Meteor Geminid

Hujan meteor ini akan memberikan pertunjukan yang sangat menghibur, itu adalah hujan meteor Geminid. Kebanyakan ahli meteor sekarang menempatkannya di bagian atas daftar, karena melebihi dalam kecemerlangan dan keandalan bahkan Perseids di bulan Agustus.

Sayangnya, pada tahun 2013, bulan akan ada beberapa hari sebelum fase penuh dan akan menerangi langit untuk malam-malam berikutnya, menyembunyikan banyak meteor redup. Tapi sekitar 4:30 am (waktu lokal Anda), bulan akan akhirnya ditetapkan, meninggalkan langit gelap gulita selama sekitar satu jam. Itu akan menjadi kesempatan Anda untuk membuat penampakan meteor sebanyak dua per menit, atau 120 per jam!
(space.com/astro-shfly)

0 komentar:

Posting Komentar

Tahukah Anda?
""